INFO CPNS 2008

CPNS DEPKEU Tahun 2008


Syarat Pendaftaran

Persyaratan Umum:

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Berusia minimal 18 tahun pada tanggal 30 Juni 2008;
  3. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
  4. Tidak
    pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau
    tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD
    atau pegawai swasta;
  5. Tidak berkedudukan sebagai PNS atau CPNS;
  6. Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian, dan keterampilan yang diperlukan;
  7. Berkelakuan baik;
  8. Sehat jasmani dan rohani;
  9. Bersedia
    bekerja pada instansi-instansi dalam lingkungan Departemen Keuangan,
    dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik
    Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 3.00 dalam skala 4 bagi lulusan Sarjana (S1) dan 3.25 dalam skala 4 bagi lulusan Pasca Sarjana (S2);
  2. Umur pada tanggal 30 Juni 2008, tidak lebih dari 27 tahun bagi pelamar lulusan S1 non Akuntan beregister (batas tanggal lahir 30 Juni 1981 dan setelahnya), dan 30 tahun bagi pelamar lulusan S1 Akuntan beregister dan S2 (batas tanggal lahir 30 Juni 1978 dan setelahnya).

Isi formulir dari website ini langsung(Online):

http://ppns.depkeu.go.id/Form_Pendaftaran.asp

DEPARTEMEN
LUAR NEGERI
REPUBLIK INDONESIA

P
E N G U M U M A N

NOMOR
: 00854/KP/VII/2008/19/02
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI
SIPIL
DEPARTEMEN LUAR NEGERI
TINGKAT SARJANA (GOLONGAN III) DAN
DIPLOMA 3 (GOLONGAN II)
TAHUN ANGGARAN 2008

Departemen
Luar Negeri Republik Indonesia membuka kesempatan kepada Warga Negara
Indonesia, pria dan wanita:

1.
Lulusan S1, S2, dan S3 menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
Golongan III untuk dididik menjadi Pejabat Diplomatik dan Konsuler
(Diplomat/PDK);
2.
Lulusan Diploma 3 (D3) menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
Golongan II untuk dididik menjadi:

a.
Bendaharawan dan Penata Kerumahtanggaan Perwakilan

(BPKRT)
;
dan

b.
Petugas Komunikasi

(PK).

I.
PERSYARATAN UMUM

a.
Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan
Republik Indonesia.

b.
Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan
berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap
yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

c.
Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan
sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau
diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

d.
Tidak
berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri
Sipil dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan
instansi lain.

e.
Tidak
bersuami/beristrikan seorang yang berkewarganegaraan asing atau tanpa
kewarganegaraan.

f.
Sehat
jasmani dan rohani.

g
Bersedia
ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia atau negara
lain yang ditentukan oleh Pemerintah.

II.
PERSYARATAN KHUSUS

A.
PEJABAT DIPLOMATIK DAN KONSULER (DIPLOMAT/PDK)

a
.

Berijazah
Sarjana (S1), Magister/Master (S2) atau Doktor (S3):

1.
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Jurusan Ilmu Politik, Hubungan
Internasional, Studi Kawasan, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Ilmu
Pemerintahan dan Administrasi Negara).

2.
Ilmu
Hukum (Hukum Internasional, Hukum Bisnis, Hukum Perdata, Hukum Tata
Negara, Hukum Administrasi Negara).

3.

Ilmu
Ekonomi (Jurusan Studi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi).

4.
Sastra/Ilmu
Pengetahuan Budaya (Arab, China, Inggris, Jepang, Perancis, Rusia,
dan Spanyol).

b.

Lulusan
Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta atau Perguruan
Tinggi Luar Negeri yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional
Perguruan Tinggi, dengan persyaratan IPK:

  • Sarjana
    (S1) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima);

  • Magister
    (S2) minimal 3,00 (tiga koma nol nol);dan

  • Doktor
    (S3) minimal 3,00 (tiga koma nol nol).

c.
Menguasai
bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) dan/atau bahasa
PBB/asing lainnya (Arab, China, Jepang, Perancis, Rusia, dan
Spanyol).

d.
Berusia maksimum:

  • 28
    tahun pada tanggal 1 Desember 2008 (lahir setelah 30 November 1980)
    untuk tingkat Sarjana (S1).

  • 32
    tahun pada tanggal 1 Desember 2008 (lahir setelah 30 November 1976)
    untuk tingkat Magister (S2).

  • 35
    tahun pada tanggal 1 Desember 2008 (lahir setelah 30 November 1973)
    untuk tingkat Doktor (S3).

B.
BENDAHARAWAN
DAN PENATA KERUMAHTANGGAAN PERWAKILAN (BPKRT)

a.
. Berijazah Diploma 3 (D3):

1.
Jurusan
Akuntansi.

2.
Jurusan
Manajemen Keuangan.

b.

Lulusan
Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta atau Perguruan
Tinggi luar negeri yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional
Perguruan Tinggi, dengan persyaratan IPK: minimal 2,75 (dua koma
tujuh lima).

c.

Menguasai
bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) dan/atau bahasa
PBB/asing lainnya (Arab, China, Jepang, Perancis, Rusia, dan
Spanyol).

d.
Berusia maksimum 28 tahun pada tanggal 1 Desember 2008 (lahir setelah
30 November 1980).

C.
PETUGAS
KOMUNIKASI (PK)

a.
Berijazah Diploma 3 (D3):

1.
Jurusan Teknik Telekomunikasi;

2.
Jurusan Teknik Informatika;

3.
Jurusan Teknik Komputer;

4.
Jurusan Teknik Elektronika; dan

5.
Jurusan Matematika.

b.

Lulusan
Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta atau Perguruan
Tinggi luar negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional
Perguruan Tinggi dengan persyaratan IPK: minimal 2,75 (dua koma tujuh
lima).

c.

Menguasai
bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) dan/atau bahasa
PBB/asing lainnya (Arab, China, Jepang, Perancis, Rusia, dan
Spanyol).

d.
Berusia maksimum 28 tahun pada tanggal 1Desember 2008 (lahir setelah
30 November 1980).

III.
PENDAFTARAN

a.

Melakukan
REGISTRASI
ONLINE

melalui website
www.deplu.go.id
dan mencetak formulir registrasi beserta pernyataan menyetujui
ketentuan dan syarat yang ditetapkan.

b.

Registrasi
online harus disertai dengan pengiriman berkas lamaran yang
disampaikan kepada Panitia Penerimaan CPNS Deplu Tahun Anggaran 2008.

c.

Setiap
Pelamar hanya diperkenankan mengirimkan satu berkas lamaran dan
mendaftar hanya untuk satu kategori seleksi
PDK
atau
BPKRT
atau
PK.

d.

Registrasi
online baru akan diproses setelah Panitia menerima berkas lamaran
yang disampaikan melalui
Pos
Tercatat

mulai tanggal 11s/d 31 Juli 2008 (CAP POS) dan sudah diterima Panitia
selambat-lambatnya tanggal 4 Agustus 2008, ditujukan kepada:

Ketua
Panitia Penerimaan CPNS Deplu TA 2008

PO
BOX 3206
JKP 10032
(UNTUK PDK)

PO
BOX 3221
JKP 10032
(UNTUK BPKRT)

PO
BOX 3235
JKP 10032
(UNTUK PK)

e.

Panitia
hanya menerima berkas lamaran yang disampaikan melalui PO BOX
tersebut di atas dan tidak menerima format penyampaian lamaran
lainnya.

f.
Formulir Registrasi harus dilengkapi dengan lampiran:

i.
Surat
Pernyataan Menyetujui Ketentuan dan Syarat yang telah dicetak
dibubuhi meterai Rp.6.000;

ii.
Fotokopi
KTP yang masih berlaku/Fotokopi Paspor bagi pelamar dari luar negeri;

iii.
Daftar
Riwayat Hidup terakhir;

iv.

Satu
lembar fotokopi ijazah (D3, S1, S2, dan/atau S3) berikut transkrip
nilai yang sudah dilegalisir (cap dan tanda tangan asli) oleh
Dekan/Direktur Program atau Ditjen Dikti Depdiknas bagi lulusan
Perguruan Tinggi Luar Negeri (
Surat
Keterangan Kelulusan/Ijazah Sementara dapat diterima, dengan syarat
Pelamar dapat menyertakan Surat Pernyataan dari Pimpinan Universitas
yang menyatakan bahwa pihak Universitas sudah dapat mengeluarkan
Ijazah Asli yang bersangkutan pada saat akan mengikuti Ujian Tahap
Akhir (Tes Pemeriksaan Psikologi dan Wawancara Substansi, serta Tes
Penguasaan Teknologi Informasi/Komputer), yang dijadwalkan akan
dilaksanakan pada pertengahan bulan Oktober 2008. Bagi Pelamar yang
tidak dapat menunjukkan Ijazah Asli, maka yang bersangkutan
dinyatakan gugur dan tidak dapat mengikuti Ujian Tahap Akhir);

Catatan:
bagi
lulusan luar negeri yang memiliki transkrip nilai tidak berskala 4.0
harap melampirkan konversi transkrip nilai dengan skala 4.0 yang
disahkan oleh Ditjen Dikti Depdiknas.

v.
Fotokopi
Akte Kelahiran;

vi.
Surat
Keterangan Sehat dari dokter (terbaru);

vii.
Fotokopi
tanda pencari kerja (kartu kuning Depnaker) yang masih berlaku;

viii.
Surat
Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;

ix.
Pas
foto terakhir ukuran 3×4 (berwarna) sebanyak 3 lembar: 1 lembar foto
ditempel di formulir lamaran dan 2 lembar lainnya ditulisi nama
pelamar di bagian belakang foto.

g.

Lamaran
beserta lampiran tersebut pada butir (e) disusun rapi sesuai urutan
di atas dalam map kertas jepit berlubang dengan warna:

i.
Biru
untuk
S1
– PDK;

ii.
Kuning
untuk
S2 – PDK;

iii.
Putih
untuk
S3 – PDK;

iv.
Hijau
untuk
D3
– BPKRT
;
dan

v.
Merah
untuk
D3 – PK.

h.
Map lamaran beserta lampiran dimasukkan ke dalam amplop warna coklat
dan ditulis pada pojok kiri atas kode lamaran

PDK
atau
BPKRT
atau
PK.
i.
Berkas
lamaran yang tidak memenuhi persyaratan tersebut di atas tidak akan
diproses.

j.
Berkas
lamaran yang diterima Panitia menjadi milik Panitia dan tidak dapat
diminta kembali oleh Pelamar.

IV.
TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI


Seleksi
penerimaan PDK, BPKRT dan PK dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai
berikut:

1.
Seleksi
Administratif;

2.

Ujian
Tulis Substansi dalam Bahasa Indonesia dan Inggris (meliputi masalah
nasional, internasional dan pengetahuan umum) dijadwalkan akan
dilaksanakan pada tanggal
6
September 2008 (PDK)

dan

7 September 2008

(BPKRT
dan PK).

Tempat pelaksanaan ujian akan ditentukan kemudian;

3.

Ujian
Kemampuan/Penguasaan Bahasa Inggris atau Bahasa Asing Lainnya (Arab,
China, Inggris, Jepang, Perancis, Rusia, dan Spanyol) berdasarkan
pilihan peserta, dijadwalkan akan dilaksanakan pada awal bulan
Oktober
2008
.
Tempat pelaksanaan ujian akan ditentukan kemudian;

4.

Tes
Pemeriksaan Psikologi dan Wawancara Substansi serta Tes Penguasaan
Teknologi Informasi/Komputer dijadwalkan akan dilaksanakan pada
pertengahan bulan
Oktober
2008
.
Tempat pelaksanaan ujian akan ditentukan kemudian;

5.

Peserta
yang lulus pada setiap tahapan ujian akan diumumkan melalui website
Deplu
www.deplu.go.id.

6.
Seleksi dilakukan dengan sistem gugur dan keputusan Panitia tidak
dapat diganggu gugat.

V.PENGUMUMAN
HASIL SELEKSI ADMINISTRATIF DAN PENGAMBILAN KARTU TANDA PESERTA
UJIAN

1.

Hanya
Peserta yang telah melakukan registrasi online dan memenuhi seluruh
persyaratan untuk melamar/persyaratan pendaftaran, yang akan
diloloskan dalam tahapan Seleksi Administratif. Hasil Seleksi
Administratif dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 23 Agustus 2008
melalui website Deplu
www.deplu.go.id.

2.

Pelamar
yang telah dinyatakan lolos tahapan Seleksi Administratif diwajibkan
untuk mengambil Kartu Tanda Peserta Ujian sebagai syarat mengikuti
Ujian Tulis Substansi.

3.

Kartu
Tanda Peserta Ujian harus diambil sendiri oleh peserta ujian di
Pusdiklat Deplu, Jalan Sisingamangaraja No. 73, Jakarta Selatan,
dengan menunjukkan kartu identitas diri. Apabila Peserta mewakilkan
pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian kepada pihak ketiga, maka
diperlukan Surat Kuasa bermeterai dengan menunjukkan kartu identitas
diri Peserta dan Penerima Kuasa, serta menyerahkan fotokopi kartu
identitas diri dimaksud.

4.
Jadwal
pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian dijadwalkan akan diumumkan
kemudian melalui website Deplu
www.deplu.go.id.

VI.
LAIN-LAIN

1.
Seleksi
masuk Calon Pegawai Negeri Sipil Departemen Luar Negeri tidak
dipungut biaya.

2.

Departemen
Luar Negeri tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa
apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Departemen Luar Negeri
atau Panitia, sehingga Peserta diharapkan tidak melayani
tawaran-tawaran untuk mempermudah penerimaan sebagai Calon Pegawai
Negeri Sipil Departemen Luar Negeri.

3.

Bagi
mereka yang telah dinyatakan lulus hingga tahapan terakhir seleksi,
tetapi mengundurkan diri diwajibkan mengganti biaya yang telah
dikeluarkan Panitia sebesar

Rp 15.000.000,- (Lima Belas Juta Rupiah)
untuk
PDK
dan

Rp 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah)
untuk
BPKRT
dan

PK
.

4.

Lamaran
yang dikirimkan kepada Departemen Luar Negeri sebelum pengumuman ini
dianggap tidak berlaku.

5.

Informasi
resmi yang terkait dengan seleksi CPNS Deplu 2008 hanya dapat dilihat
dalam website Deplu
www.deplu.go.id.
Para pelamar disarankan untuk terus memantaunya.

7 Responses to “INFO CPNS 2008”

  1. dah nyiapin syarat2 nya, no ijasah udah, no KTP udah, IPK dah mencukupi, ehh umur dah lewat 27 tahun😦

    heheheh tenang aja, tapi perasaan ada kok yang di atas 27 th.

  2. GMN KLO MSH KULIAH TAPI UDH SKRIPSI APA BOLEH

    Kagak Boleh, Syaratnya biasanya harus lulus n udah punya ijazah

  3. Klo status Jurusannya masih terdaftar bisa ga’??????

  4. ikmalia Says:

    Kalau jurusan kimia lulusan 2008, bisa tidak?
    Tolong beri kabar kenomer ini (021) 93566428

  5. mas tolong di kabari aku klo ada info cpns bidan DIV utawa bidan DIII. di wilayah surakarta yach….
    makasis sebelumnya………

  6. syarat untuk cpns depsos nya kok ga bisa dibuka ya??
    mas, tolong kirimkan persyaratan cpns depsos ya…
    Thanks a lot

  7. Buat yang lulus selamet aja.n good luck for you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: