Menu Buka puasa selama Sabtu Minggu Kemarin

Alhamdulillah sudah 11 hari puasa romadhon (bener ya????) dan meskipun ada bolong2nya karena maklum lagi hamil. Aku udah bolong 4 hari. Padahal kemarin aku juga hampir bolong soalnya pas siang aku Mualll banget n sempet muntah dikit. dengan Sedikit kelemasan badan akhirnya aku tiduran bentar trus bangun jam 3 masak deh.

Hari sabtu nih tgl 22 Sept’07 adeknya mas Si Ida dateng ke malang mau jaitkan baju ke bu Lisa n walhasil aku jadinya buka puasa di rumah KakakIpar di Candi mendut. Awalnya sih g masak yang masak malah mbak eh si Mas minta koloke akhirnya bikin deh koloke ala Nisa …. hehehhehe nih resepnya tapi g ada ukurannya ya soalnya juga ayam cincangnya tidak berukuran.

KOLOKE ala moey

Bahan : Daging cincang, Telur, Tepung Kanji

Bumbu : Bawang Putih, ketumbar, garam

Saos : Bawang Putih, Bawang Bombay, air, tepung kanji sedikit (sebagai pengental), garam, gula, saos tomat (bisa diganti tomat + cabe merah dihilangkan bijinya), cuka, nanas, ketimun

Cara membuat koloke:

  1. untuk membuat koloke gampang, uleg semua bumbu (bawang putih, ketumbar n garam) sampai halus.
  2. campur tepung kanji + air secukupnya, lalu tambahkan telur lalu aduk sampai rata, setelah itu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan.
  3. Setelah selesai masukkan ayam cincang ke dalam adonan no. 2 di atas setelah itu goreng sampe matang (kuning kecoklatan)

Cara membuat saus :

  1. cincang halus bawang putih sampai kecil-kecillll banget
  2. Potong bawang bombay
  3. haluskan tomat dan cabe merah yang sudah dihilangkan bijinya sampe halus (kalo g pake saos tomat) bisa diblender supaya hasilnya halus
  4. potong2 nanas dan ketimun kecil2 (ukuran disesuaikan selera)
  5. setelah itu, panaskan sedikit minyak goreng di atas penggorengan, setelah panas masukkan bawang putih dan bawang bombay. Tumis sampe harum.
  6. Setelah harum masukkan air putih.
  7. tunggu sampe mendidih.
  8. Setelah mendidih masukkan tomat dan cabe merah yang sudah dihaluskan (saos tomat), cuka, garam, gula. aduk2 sampe merata.
  9. setelah dirasa cukup, masukkan potongan nanas dan ketimun aduk2 setelah agak layu masukkan kanji yang sudah dicampur dengan sedikit air ke dalam adonan saus (sebagai pengental). aduk sampe rata dan mendidih.
  10. Selesailah sausnya.

Koloke dan sausnya siap sudah. apabila mau makan baru sausnya disiramkan ke atas koloke tadi. Lebih enak dimakan panas2.

Nah sekarang menu Hari minggu. Awalnya seh mau bikin rawon tapi berhubung kluwek yang paling penting untuk menghitamkan g ada akhirnya aku bikin makanan yang gampang Semur daging Telor Puyuh.

SEMUR DAGING TELUR PUYUH

Bahan : Daging, telur puyuh, kentang, (bisa ditambah tahu)

Bumbu : Bawang Putih, Merica, Kecap Manis, Garam, Gula

CARA MEMBUAT:

  1. Haluskan bawang putih, Merica dan garam
  2. Rebus Daging ke dalam air supaya ada kaldu, supaya cepet empuk potong dan gepung dengan uleg2 sebentar.
  3. Rebus Telur puyuh sampe matang lalu kupas
  4. Kupas dan potong bulat Kentang lalu goreng
  5. Kalo ada tahu, potong kotak lalu goreng
  6. Setelah semua bahan siap sekarang tinggal meramunya
  7. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampe harum, setelah harum masukkan kaldu daging rebusan tadi ke dalam tumisan bumbu. Tunggu sampe mendidih.
  8. Masukkan Daging, telur puyuh, Tahu ke dalamnya.
  9. Tambahkan gula dan kecap manis. Tunggu sampe mendidih atau bumbu meresap.
  10. Bila ingin sedikit pedas bisa ditambahkan cabe rawit yang sudah dipotong / utuh ke dalah Semur.
  11. Semur sudah siap dihidangkan.

Untuk tak jilnya aku bikin es Kopyor Imitasi (Soalnya bikinya pake agar2)

ES KOPYOR IMITASI

Bahan : Agar2, santan, gula, air kelapa / degan, es batu bongkahan besar

Cara Membuat :

  1. Masak agar2 dengan santan yang memeras airnya dengan air kelapa dan gula secukupnya sampe mendidih.
  2. setelah mendidih angkat. Siapkan tempat masukkan es batu bongkahan besar tanpa dipotong kecil2.
  3. Tuangkan agar2 perlahan-lahan atau sedikit demi sedikit di atas es batu sampe habis.
  4. Sekarang kita membuat air gulanya (bisa diganti sirup kelapa / cocopandan)
  5. Campur gula + air kelapa lalu masak sampe mendidih
  6. Supaya lebih enak selain dikasih air pada agar2 tadi kita bisa menambahkan air kelapa sebagai kuahnya biar citarasa kelapa kopyornya tetep ada.
  7. Nah sudah siap. Jika ingin meminumnya tinggal ambil agar2 kopyornya tambahkan gula yang sudah kita masak tadi.

SELAMAT MENCOBA!!!!!!!!!!!1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: